Supervisi Akademik Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN 15 Kota Bima


SMPN 15 Kota Bima terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan melaksanakan program supervisi akademik yang efektif. Sebelum disupervisi oleh pengawas Pembina terlebih dahulu Bapak/ Ibu guru disupervisi oleh Kepala Sekolah bersama dua orang Wakasek yang telah ditunjuk dan di SK kan oleh Kepsek, Program ini bertujuan untuk memantau dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, serta memberikan dukungan yang dibutuhkan kepada guru dan siswa. Adapun dua orang Wakasek yang di SK kan untuk melakukan Supervisi akademik terhadap teman sejawat adalah bu Dra. Fauzah dan Nining Juniarti,S.Pd.

Supervisi akademik adalah suatu pendekatan yang melibatkan pengawasan dan bimbingan terhadap proses pembelajaran di sekolah. SMPN 15 Kota Bima telah menjalankan program ini dengan sukses, berkat kerja sama antara kepala sekolah, staf pengawas, dan guru-guru di sekolah.

Beberapa poin penting yang perlu dicatat dalam pelaksanaan supervisi akademik di SMPN 15 Kota Bima adalah sebagai berikut:

Pembinaan Berkelanjutan: Program supervisi akademik di SMPN 15 bukan hanya tentang pengawasan, tetapi juga tentang pembinaan berkelanjutan. Pengawas akademik bekerja sama dengan guru-guru untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pembelajaran serta memberikan dukungan yang diperlukan untuk perbaikan.

Penggunaan Data dan Bukti: Supervisi akademik di SMPN 15 didasarkan pada data dan bukti yang kuat. Guru-guru diharapkan untuk mengumpulkan dan menganalisis data pembelajaran siswa serta menyediakan bukti konkret tentang perkembangan siswa.

Pelatihan dan Pengembangan Guru: Hasil supervisi digunakan sebagai dasar untuk merancang pelatihan dan pengembangan khusus bagi guru-guru yang membutuhkan. Ini membantu guru meningkatkan kualitas pengajaran mereka dan mengikuti perkembangan terbaru dalam pendidikan.

Keterlibatan Siswa: Supervisi akademik juga memperhatikan perspektif siswa. Guru dan pengawas berkomunikasi dengan siswa untuk mendapatkan masukan tentang pengalaman mereka dalam pembelajaran. Hal ini membantu sekolah dalam meningkatkan kepuasan siswa dan memberikan pembelajaran yang lebih relevan.

Monitoring Progres Implementasi: Proses supervisi akademik berkelanjutan dan sistematis. SMPN 15 memonitor progres implementasi rekomendasi yang dihasilkan dari supervisi sebelumnya untuk memastikan bahwa perbaikan berlangsung secara efektif.

Kepala Sekolah SMPN 15 Kota Bima, Ibu [Maria Ulfah], menyatakan bahwa supervisi akademik adalah salah satu instrumen penting dalam menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. "Kami menganggap supervisi akademik sebagai alat untuk terus bergerak maju. Kami ingin menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan berfokus pada hasil yang positif bagi siswa kami," ujarnya.

Dengan penerapan program supervisi akademik yang efektif, SMPN 15 Kota Bima bertekad untuk terus meraih prestasi dalam dunia pendidikan dan memberikan pengalaman belajar terbaik bagi siswa-siswanya. Program ini menjadi contoh inspiratif bagi sekolah lain yang berusaha meningkatkan mutu pendidikan mereka.(Tim Humas, NF)